Bahasa

Observatory Dukungan Konsultasi dan PelatihanMendukung organisasi non-pemerintah netral yang didirikan di Amman, Yordania, dalam rangka untuk memperkuat pelaksanaan kebebasan dasar dan hak asasi manusia dari semua sektor masyarakat, terutama mereka yang lemah dan kurang beruntung seperti anak-anak, perempuan dan pekerja migran serta orang-orang dengan kebutuhan khusus dll.

indonesia photo

Bagaimana Kita Bekerja

Program Pemberdayaan LSM diciptakan untuk membantu hukum dan HAM untuk bekerja pada perlindungan dan penguatan hak asasi manusia dan untuk membangun sebuah masyarakat yang toleran memiliki tanggung jawab terhadap kebutuhan dasar warga negara dan kelompok-kelompok yang lemah untuk menjamin kebebasan, kesetaraan dan keadilan.

Pusat pemberdayaan berusaha untuk mengaktifkan tujuan layanan dalam rangka gerakan HAM global dan berkontribusi untuk mencapai misinya melalui jaringan pengacara dan aktivis dalam pekerjaan sukarela yang mengabdikan diri untuk menyerukan martabat dan kebebasan dan membela hak-hak individu teraniaya dengan menawarkan jasa konsultasi dan hukum, penyebarluasan konsep dan pemahaman hak asasi manusiam, membangun aliansi dan kontrak jaringan, pelatihan kursus khusus, melakukan penelitian dan studi analitis, kampanye media dan peningkatan kesadaran kegiatan dan pengembangan program-program khusus yang mendukung hak asasi manusia.

LSM ini bekerja dalam kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan baik formal maupun informal, pengacara, aktivis hak asasi manusia dan penasihat yang mengkhususkan diri dalam mencari solusi yang efektif dan memiliki kontribusi yang berarti terhadap pencapaian perubahan.

Dan berusaha untuk memberikan layanan inovatif yang peka terhadap kebutuhan kelompok sasaran dikembangkan berdasarkan pandangan langsung dan kunjungan lapangan, melalui laporan, studi lokal dan internasional, statistik formal dan informal, dan tinjauan peraturan yang ada serta menindaklanjuti secara berkesinambungan dengan pihak dan stakeholder.

Satuan Bantuan Hukum

Menyediakan unit hukum dari Pusat LSM untuk berbagai layanan hukum gratis bagi para korban pelanggaran HAM melalui:

Bantuan Hukum

Mendengarkan dan Dokumentasi

Representasi Hukum

Konseling individu

Menjembatani terhadap lembaga formal

Membantu korban yang membutuhkan perawatan kesehatan dan mental kepadabadan-badan khusus.

Menyelesaikan perselisihan perburuhan di luar sistem peradilan melalui upayaarbitrase, mediasi, harmonisasi dan rekonsiliasi

Misi Kami

Pemberdayaan Pusat berusaha untuk mempromosikan konsep perlindungan sosial bagi kelompok teraniaya dan korban pelanggaran hak asasi manusia, tanpa melihat pertimbangan asal sosial, ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama atau status lainnya.

Tujuan utama kami adalah untuk melawan segala bentuk diskriminasi, dan perang melawan kejahatan perdagangan manusia, penyiksaan dan penganiayaan. Kami sedang bekerja untuk memperkuat perlindungan hak-hak korban dengan memberikan dukungan dan bantuan hukum dan pelaksanaan program-program pelatihan khusus, lokakarya, diskusi, penelitian, dan melalui kajian dan analisis undang-undang saat ini dan pengembangan aliansi strategis di tingkat lokal, regional dan internasional guna memberikan kontribusi untuk mencapai tujuan dan fungsi yang dicita-citakan.

Untuk mencapai misi kami

Berdiri memungkinkan program yang dilaksanakan sebagai berikut:

1.       Program pemukiman kembali program standar HAM internasional

2.      program perlindungan bagi buruh migran

3.      program anti-trafficking
Over Viewmartin lauther king

Salah satu pertanyaan yang paling penting dalam hidup adalah “apa yang kita lakukan untuk orang lain?”, Jika kita ingin melangkah maju, kita harus memperlakukan semua orang sama dalam martabat dan hak-hak tanpa bentuk diskriminasi atau marginalisasi. Dalam LSM ini, kami berusaha untuk memperkuat keadilan sosial dan kesejahteraan sosial semua dalam rangka untuk menjamin penghormatan terhadap martabat manusia di manapun.

“Ketidakadilan di manapun adalah ancaman bagi keadilan di mana-mana”

–   Luther Martin King –
Tujuan
Dalam memungkinkan berusaha untuk:

penyebaran pengetahuan dan kesadaran hukum di kalangan segmen masyarakat Yordania pada umumnya dan kelompok marjinal khususnya.

menetapkan prinsip keadilan sosial dan penegakan hukum dengan memperkuat peran lembaga peradilan Yordania dan memastikan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan dalam proposal dan membahas amandemen hukum dan pelaksanaan hukum internasional dan nasional.

pemberdayaan kelompok terpinggirkan dan korban pelanggaran HAM

memperkuat hak asasi manusia dan kebebasan dasar di semua tingkat lokal, regional dan internasional.

Petunjuk – petunjuk bagi PLRT– Anda datang kr Jordan dengan maksud untuk bekerja sebagai penata laksana rumah tangga pada sebuah keluarga yang sudah menandatangani kontrak kerja dengan anda,maka oleh karena itu hendaklah anda menunaikan kewajiban anda berdasarkan ketentuan-ketentuan majikan dan anda tidak boleh menolak untuk bekerja kecuali :

·         Apabila pekerjaan itu tidak sesuai dengan pekerjaan

·         Apabila anda diminta untuk bekerja di lain rumah

·         Apabila bekerja di luar rumah atau toko,pabrik atau apapun pekerjaan luar rumah milik majikan atau orang lain.

–          Terkadang anda dibujuk oleh orang lain untuk kabur dari rumah majikan atau bekerja illegal di tempat lain dengan alasan mendapatkan gaji lebih besar ,maka janganlah diikuti bujukan itu dikarenakan sebab-sebab sebagai berikut :

·         Bujukan itu bertujuan untuk memanfaatkan anda untuk bekerja dengan tidak resmi dan memanfaatkan upah anda

·         Yang demikian mengakibatkan anda dideportasi dari Yordan dan tidak boleh kembali lagi ke Yordan selama tida tahun.

·         Yang demikian memberikan peluang kepada majikan untuk menuntut ganti rugi dalam mendatangkan anda.

–          Anda tidak akan dideportasi atau tidak berhak dituntut ganti rugi apabila terpaksa meninggalkan pekerjaan disebabkan hal-hal sebagai berikut :

·         Pemukulan, penghinaan dan penganiyayaan.

·         Tidak mendapatka upah kerja atau pengurangan upah.

·         Dipekerjakan pada pekerjaan yang bukan pekerjaan rumah,atau pada rumah orang lain.

·         Tidak dibuatkan atau diperbaharuinya izin tinggal atau izin kerja.

–           Seisi rumah tangga adalah amanat dipundak anda yang harus dijaga begitupun anak-anak kecil majikan dan orang lanjut usia,keluarga majikan menginginkan anda untuk bekerja dengan mereka dengan baik,maka anda jangan menghina mereka dan mengakibatkan retaknya hubungan dengan merek dan hilangnya  kepercayaan mereka terhadap anda.

–          Dan penting bagi anda utk mengetahui adat istiadat di dalam rumah majikan dan kebutuhan rumah tangga dan menunjukkan betapa anda menghargai mereka,karena yang demikian akan mendekatkan anda kepada mereka dan memperbaiki kondisi kerja anda .

–          Anda mendapatkan hak untuk cuti selama 14 hari dalam setahun dan libur tiap ahir pekan selama satu hari dan dianjurkan untuk membuat kesepakatan dengan majikan dalam hal menetapkan mekanisme cuti tersebut agar sesuai dengan kondisi rumah majikan dan keperluan majikan .

–          Apabila anda ingin keluar rumah karena suatu sebab  dan keperluan apapun,hendaklah menyelesaikan kewajiban kerja sebelum keluar rumah selama 10 jam,dan memberitahukan majikan tempat tujuan anda.

–          Hendaklah memperhatikan peraturan2 dan undang2 di Yordaniadan adat istiadatnya,dan tidak dibenarkan melakukan hubungan diluar nikah,dan kehamilan adalah salah satu sebab anda dideportasi dari Yordania.

–          Dan perlu diketahui,biaya pembuatan izin kerja adalah tanggung jawab majikan sepenuhnya dan tidak dibenarkan dipotong dari gaji anda,dan merupakan hak anda menyimpan dokumen pribadi anda seperti izin kerja,iqomah,paspor dan copy dari kontrak kerja .

–          Apabila hak2 anda tidak dipenuhi majikan atau terjadi penyiksaan,penahanan kebebasan anda,penahanan dokumen2 pribadi anda,tidak dibayar gaji,atau dipaksa utk bekerja yang bukan menjadi pekerjaan anda,lamanya jam kerja,tidak adanya waktu istirahat,anda hendaklah pergi ke tempat2 sebagai berikut :

Hak – hak dan kewajiban2 para pekerja selain warga negara Yordania menurut undang2 ketenagakerjaan Yordania.

–          Tidak dibenarkan bagi pekerja,bekerja di tempat lain sementara kontrak kerja dengan majikan asli belum habis atau bekerja pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang tercantum dalam kontrak ,yang demikian akan mengakibatkan dideportasinya pekerja tersebut dengan biaya sendiri dan hukuman atas orang yang mempekerjakannya dan tidak bisa kembali lagi ke Yordania selama tiga tahun .

–          Bagi pekerja berhak menyimpan dokumen2 pribadinya berupa paspor dan izin kerja dan tidak dibenarkan bagi majikan untuk menahan dokumen2 tersebut dengan  alasan apapun

–          Wajib bagi pekerja membawa kartu izin kerja pada tempat2 yang diwajibkan menunjukkan kartu izin kerja tersebut .

–          Tidak dibenarkan meninggalkan kerja sebelum habisnya kontrak kerja selama satu tahun dengan sebab apapun yang tidak dibenarkan oleh undang2 dan harus dengan syarat izin dari kementerian perburuhan

–          Seluruh syarat menjadi batal apabila pekerja tersebut tidak menuntut hak2 nya sebagaimana yang telah dijamin oleh undang2

–          Majikan bertanggung jawab atas biaya izin kerja dan biaya perpanjangan izin kerja dan seluruh biaya2  lain yang berkaitan dengan biaya pengeluatan izin kerja

–          Dalam hal pekerja ikut serta dalam  jaminan sosial,maka dipotong dari gaji yang bersangkutan sebesar 5.5%  begitupun dipotong pajak pemasukan terkecuali PLRT dikarenakan tidak termasuk dalam jaminan sosial sampai sat ini .

–          Diwajibkan atas majikan menyerahkan gaji tidak lebih dari 7 hari dari tanggal dimulainya penerimaan gaji dan diserahkan secara tertulis .

–          PLRT berhak mendapatkan cuti tiap tahun selama 14 hari dengan dibayarkan gaji penuh,dan cuti tahunan menjadi 21 hari setelah PLRT sudah bekerja selama 5 tahun pada majikan yang sama .

–          Dan bagi PLRT berhak cuti karena sakit selama 14 hari dengan gaji dibayarkan penuh dalam satu tahun dengan berdasarkan surat keterangan dokter dan dibolehkan memperpanjang masa cuti sakit selam 14 hari lagi dengan gaji dibayar penuh .

–          PLRT wajib menjalankan perintah majikan dengan syarat perintah tersebut sesuai dengan ketentuan2 keselamatan dan kesehatan .

–          Dalam kondisi pekerja tidak menerima gaji berdasarkan yang telah diatur oleh undang-undang ketenagakerjaan, maka boleh mengajukan pengaduan ke direktorat ketenagakerjaan di daerah masing-masing.

–          Pekerja hendaklah menyimpan copy kontrak kerja dan harus dengan bahasa yang dipahami oleh pekerja .

Kewajiban-Kewajiban Pekerja :

–          Melakukan pekerjaan tanpa menyuruh orang .

–          Menjalankan perintah majikan dalam batasan2 yang tidak bertentangan dengan keselamatan dan tidak bertentangan dengan undang2 yordania .

–          Menjaga kerahasiaan yang berkaitan dengan pekerjaan .

–          Menjaga dengan baik peralatan2 rumah tangga

–          Menjalani cek kesehatan sebagaimana mestinya .

Perlindungan2 Terhadap Buruh

1.       Dilarang atas majikan :

–          Memerintah pekerja untuk melakukan hal – hal yang bertentangan tabiat pekerjaan yang telah disepakati

–          Memerintah buruh utk bekerja di tempat yang bukan tempatnya bekerja .

–          Memindahkan pekerja kepada pekerjaan lain yang lebih rendah dari pada pekerjaan yang sebelumnya

–          Mengurangi upah

–          Melakukan kekerasaan atau celaan .

Bagi pekerja boleh meninggalkan pekerjaan apabila majikan melanggar peraturan2 tanpa memberitahukan dahulu dan pekerja memiliki hak utk menuntut berdasarkan undang2 ditambah ganti rugi dan cedera yang dialami dikarenakan majikan .

3.       Dibenarkan bagi pekerja mengambil tindakan2 sebagai berikut :

–          Apabila berdasarkan surat keterangan dokter yang mengatakan bahwasanya dengan terus menerus bekerja mengancam kesehatannya .

–          Apabila majikan tidak melaksanakan peraturan2 ketenagakerjaan walaupun sudah ada peringatan sebelumnya dari pihak kementerian perburuhan .

Penghentian Kontrak Kerja  Sebelum Habis Kontrak

–          Apabila majikan menghentikan ,asa kontrak kerja tanpa sebab ,maka pekerja berhak mendapatkan upah sepenuhnya dari seluruh sisa kontrak dan mendaptakan seluruh hak2 nya yang lain berdasarkan yang telah dicantumkan oleh undang2

–          Apabila pekerja menghentikan kontrak kerja tanpa sebab,maka pihak majikan berhak mendapatkan ganti rugi tidak melebihi upah setengan bulan yang dihitung setiap bulan  dari  keseluruhan sisa kontrak kerja yang ada dimana pengadilan menetapkan jumlah yang harus dibayar sesuai dengan kerugian yang ada .

Sertifikat Kerja

–          Majikan harus memberikan kepada pekerja,sertifikat kerja

–           Disebutkan dala sertifikat tersebut nama pekerja dan jenis pekerjaannya,tanggal mulai bekerja dan tanggal berahir masa kerja

–          Dalam kondisi majikan menolak memberikan sertifikat kerja atau menolak menulis isi sertifikat sebagaimana yang tercantum di atas,maka pekerja bisa menuntut majikan kepada petugas pemeriksa ketenagakerjaan atau meminta pihak pengadilan untuk memaksa majikan agar mau memebrikan sertifikat kerja sebagaimana mestinya

         Batas Upah Minimum

–          Tidak dibenarkan memberikan upah dibawah upah kerja minimum di Yordania sebesar 150 JD perbulan,dan 110 JD untuk PLRT dan pekerja pada pabrik baju

 

Tidak dibenarkan memotong gaji terkecuali dalam kondisi2 sebagai berikut :

–          Disebabkan karena pinjaman pekerja tersebut dan tidak dibenarkan memotong lebih dari 10% dari gaji dari satu kali cicilan

–          Mengembalikan uang yang diambil lebih dari upah yang semestinya

–          Ikut serta dalam jaminan sosial atau dikarenakan potongan wajib berdasarkan undang2

–          Ikut serta dalam dana tabungan

–          Kemudahan dalam kepemilikan rumah atau kemudahan2 lain yang diajukan oleh majikan

–          Melaksanakan hukum pengadilan atas pekerja

–          Denda hukuman kedisiplinan berdasarkan undang2 dalam negeri berdasarkan persyaratan yang dilegalisasi oleh kementerian perburuhan

Denda-denda kedisiplinan :

–          Tidak dibenarkan melakukan denda kedisiplinan terkecuali berdasarkan undang2 yang diakui oleh kementerian perburuhan

–           Denda kedisiplinan tidak dibenarkan melebihi jumlah upah tiga hari kerja dan tidak dibenarkan memberhentikan pekerja tanpa upah lebih dari 3 hari dalam sebulan

–          Pekerja diberikan kesempatan untuk berbicara sebelum dijatuhi hukuman kedisiplinan

–          Pekerja mempunyai hak untuk menyangkal didepan peneliti ketenagakerjaan dalam waktu satu minggu

–          Tidak dibenarkan menjatuhkan hukuman setelah 15 hari dari waktu melakukan pelanggaran .

–          Denda2 tersebut di tulis dalam daftar khusus dengan ditulis nama pekerja dan jumlah upahnya berikut sebab2 dijatuhkannya denda atas pekerja,jenis denda,yang demikian untuk merealisasikan pelayanan sosial bagi tenaga kerja

 

Kerja tambahan

–          Boleh memberikan pekerjaan tambahan kepada pekerja dengan persetujuannya

–          Pekerja menerima upah tambahan sebesar 125% dari upah perbulan

–          Tidak dibenarkan memaksa pekerja untuk bekerja tambahan terkecuali dalam hitungan masa kontrak kerja dalam satu tahun, dan tidak lebih dari 30 hari dalam satu tahun,dan jumlah jam kerja biasa dalam satu hari  tidak lebih dari 10 jam,atau dalam kondisi darurat dikarenakan kerugian dan kerusakan tidak boleh dipekerjakan selama 20 hari dalam satu tahun .

Hari – Hari Libur

–          Hari jumat adalah hari libur tiap minggu kecuali karena kondisi pekerjaan,libur hari jumat diganti ke hari lain.dan boleh hari libur itu lebih dari satu hari

–          Apabila pekerja dipekerjakan pada hari-hari libur atau hari libur resmi keagamaan,maka pekerja menerima upah tidak kurang dari 150% dari upah biasanya.

Cuti Tahunan

–          Cuti tahunan selama 14 hari paling sedikit dengan gaji penuh dan cuti tahunan menjadi 21 hari bagi mereka yang telah bekerja selama lima tahun berturut-turut .

–          Dibolehkan menunda cuti sampai tahun depan berikutnya berdasrkan kesepakatan kedua belah pihak

Cuti Sakit

–          Cuti sakit selama 14 hari dan diperpanjang 14 hari berikutnya dengan upah penuh

Cuti utk mengikuti kursus ketenagakerjaan

–          Dibolehkan selama 14 hari dengan upah dibayarkan penuh ,dengan syarat kursus tersebut diakui oleh Kementerian Perburuhan dan dengan kesepakatan kedua belah pihak

Persyaratan Izin Kerja

–          Diwajibkan bagi pekerja memiliki surat izin kerja bagi selain warga negara Yordania dan tidak diperbolehkan izin kerja itu melebihi satu tahun dan bisa diperbaharui

–          Baru dikatakan pelanggaran terhadap hukum dalam hal mendatangkan pekerja selain warga negara Yordania dalam kondisi sebagai berikut :

1 . Tidak dibuatkan izin kerja

2 . Dipekerjakan pada majikan yang tidak mendapatkan izin dari kementerian perburuhan utk mempekerjakan pekerja .

3 . Mempekerjakan pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang disepakati

–          Menteri perburuhan berhak mengeluarkan surat deportasi kepada pekerja yang melanggar hukum atas biaya yang mempekerjakannya,dan tidak dibolehkan mendatangkan kembali pekerja tersebut selama tiga tahun .

Penata Laksana Rumah Tangga

–          Kontrak kerja terdiri dari empat lembar yang ditulis dalam dua bahasa,bahasa arab dan bahasa indonesia,dan kedua belah pihak memegang satu naskah kontrak tersebut dan satu naskah lain disimpan pada kementerian perburuhan .

Kewajiban-Kewajiban Majikan

–          Membayar biaya pengeluaran izin tinggal dan biaya izin kerja

–           Membayar gaji tiap bulan kepada pekerja denga dinar Yordania atau dengan mata uang yang senilai dengan gaji dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh menteri perburuhan

–          Mempekerjakan pekerja di tempat tinggal majikan dan tidak dibenarkan mempekerjakannya di tempat lain atau di saudara majikan .

–          Memperlakukan pekerja dengan baikdan memenuhi kebutuhannya .

–          Memberikan kesempatan kepada pekerja untuk menghubungi keluarganya di tanah air sekali dalam sebulan atas biaya majikan dan pekerja berhak menelpon kembali atas biaya pribadi .

–          Tidak dibenarkan membawa pekerja untuk pindah ke negara lain kecuali dengan persetujuannya sesudah memberitahukan terlebih dahulu Kedutaan Besarnya.

–          Menjamin tiket pulang apabila sudah menyelesaikan kontrak kerjanya.

–          Menjamin kesehatan pekerja

–          Mengizinkan pekerja untuk menjalankan ibadah agamanya selama tidak bertentangan dengan tata karma

–          Majikan harus menyediakan tempat tinggal,makanan,minuman dan jaminan kesehatan.

Kewajiban –Kewajiban Penata Laksana Rumah tangga

–          Mengerjakan pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab

–          Menjaga peralatan2 rumah tangga dan dan isi rumah

–          Tidak menyebarkan rahasia rumah tangga yang dia ketahui .

–          Menghargai adat istiadat masyarakat di sekitarnya .

–          Tidak meninggalkan rumah tanpa izin tuan rumah .

–          PLRT menanggung resiko tiket kembali ke tanah air,dan kewajiban2 yang berkaitan dengan keuangan sebagaimana yang tercantum dalam kontrak kerja,apabila kabur dari rumah tanpa sebab .

Jam – Jam Kerja

–          Jumlah jam kerja adalah sepuluh jam dan tidak termasuk waktu makan dan istirahat

–          Majikan berhak mengatur waktu kerja berdasarkan kebutuhan rumah tangga

–          Majikan diwajibkan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi PLRT dalam satu hari dan tidak kurang dari delapan jam .

Libur Akhir Pekan

–          PLRT berhak untuk libur tiap minggu,dan apabila majikan dalam keadaan sangat memerlukan bantuan,boleh mempekerjakannya pada hari libur tersebut dan menggantinya dengan hari lain berdasarkan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Cuti-Cuti

–          PLRT berhak mendapatkan cuti dalam satu tahun selama empat belas hari dan mengahirkan cuti pada ahir kontraknya berdasarkan kesepakatan.

–          PLT berhak mendapatkan hak cuti dikarenakan sakit selama 14 hari dengan gaji dibayarkan penuh.

Akhir Masa Kerja

–          Diwajibkan bagi kedua belah pihak ( majikan dan PLRT ) menandatangani surat tidak adanya sangkut paut antara PLRT dan majikan setelah selesainya masa kerja,datandatangani di Kementerian Perburuhan,dan masing – masing memegang naskah yang sudah ditandatangani tersebut .

–          Dilarang bagi agen untuk mengambil uang dari PLRT dengan alasan apapun .

–          Majikan berkewajiban menjamin tiket kedatangan ke Yordania dan tiket kembali ke tanah air apabila sudah selesainya masa kontrak selama dua tahun.